Kenalan dengan Indonesia, Inilah Wisata Budaya Terbaik di Nusantara!

  • GemaRakyat
  • Jan 02, 2022

Tidak dapat dipungkiri, Indonesia memiliki keberagaman budaya yang sangat spesial. Setiap wilayah di Nusantara mempunyai makanan khas, dialek atau bahasa, serta adat dan tradisi masing-masing yang sangat menarik untuk dijelajahi

Ingin mengeksplorasi lebih dalam ragam kebudayaan Indonesia? Agar tak bingung mulai dari mana, berikut rekomendasi berbagai destinasi wisata budaya Indonesia yang wajib masuk daftar destinasi traveling kamu selanjutnya:

1. Museum Ullen Sentalu, Yogakarta

Perjalanan terbentuknya budaya Pulau Jawa direkam dalam salah satu museum tercantik di Indonesia, Museum Ullen Sentalu. Museum ini mengenalkan sejarah peradaban Kerajaan Mataram yang pada akhirnya akan melahirkan Keraton Solo dan Yogyakarta.

Daya tarik dari destinasi wisata budaya Indonesia ini tak hanya koleksinya saja, tapi juga arsitekturnya yang menggabungkan konsep rumah dan alam, serta pemandu museum yang informatif dan interaktif. Jadi, tak heran akan ada banyak hal baru yang bisa dipelajari di tempat wisata budaya di Indonesia satu ini.

2. Festival Erau, Tenggarong

Destinasi wisata budaya di Indonesia selanjutnya ini merupakan festival budaya tertua di Nusantara yang telah berlangsung selama berabad-abad! Bertajuk Erau, yang berarti “ramai”, tradisi Kesultanan Kutai ini dimeriahkan dengan pameran kesenian dan upacara adat. Semakin seru, Erau ditutup dengan ajang yang paling ditunggu-tunggu, yaitu “perang” air antar masyarakat! Jika kamu berencana berlibur ke Kalimantan Timur, wisata budaya di Tenggarong satu ini wajib kamu kunjungi.

3. Desa Adat Ratenggaro, Sumba

Kampung adat yang Terletak di pesisir pantai ini menyimpan sejarah manusia di zaman megalitikum. Desa Adat Ratenggaro memiliki 304 kubur batu megalitikum yang sudah berumur ribuan tahun. Selain mengagumi peninggalan zaman batu besar, destinasi wisata budaya di Indonesia satu ini juga memiliki fasilitas menarik lain seperti berkuda dan menyewa baju adat. Kamu pun dapat memasuki rumah adat Uma Kelada dengan langit-langit yang menjulang hingga 15 meter.

4. Museum Ganesya, Malang

Rekomendasi wisata budaya di Indonesia selanujutnya ini tergolong masih baru. Diresmikan pada tahun 2019 lalu, Museum Ganesya menawarkan jejak warisan budaya Pulau Jawa, mulai dari masa Kerajaan Singosari hingga kejayaan Kerajaan Majapahit. Museum terbesar di Malang ini juga memiliki Galeri Topeng yang menampilkan lebih dari 1000 koleksi topeng tradisional dan modern yang menggambarkan perkembangan seni di Tanah Air.

5. Istana Tirta Gangga, Bali

Dahulu kala, istana air yang dikelilingi teras-teras sawah ini dimiliki oleh Kerajaan Karangasem di Bali. Hijau dan elok, taman tersebut merupakan penghormatan kepada masyarakat pemeluk agama Hindu. Mengunjungi objek wisata budaya Indonesia yang kaya akan sejarah, kamu dapat menikmati kecantikan tamannya atau berenang di airnya yang jernih dan menyegarkan.

6. Desa Dayak Pampang, Samarinda

Terletak 23 kilometer dari pusat Kota Samarinda, Desa Pampang merupakan tempat tinggal Suku Dayak Kenyah. Berkunjung ke objek wisata budaya di Indonesia ini, kamu akan dibawa ke rumah adat kayu ulin bernama Lamin Adat Pamung Tawai, lalu disuguhi dengan ragam tarian khas Suku Dayak. Bersiaplah untuk bersenang-senang karena para wisatawan akan diajak menari bersama oleh penduduk setempat!

7. Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Kebudayaan penduduk di Kabupaten Tana Toraja masih sangat kental, sehingga tiap sudutnya sangat menarik untuk dijelajahi. Misalnya rumah adat Tongkonan di Desa Pallawa dan Desa Kete Kesu. Kemudian “negeri awan” Batu Tumonga yang menawarkan pemandangan Kota Rantepao dari ketinggian 1300 meter di atas permukaan laut. Lalu salah satu destinasi wisaya budaya Indonesia yang menjadi perhatian masyarakat global adalah Londa, tebing batu raksasa untuk memakamkan jenazah penduduk Tana Toraja.