Tips untuk Anak-anak Menghafal Perkalian 1 sampai 10

  • GemaRakyat
  • Feb 19, 2022

Perkalian 1 sampai dengan 10 bisa langsung ibu-ibu ajarkan kepada anaknya sejak mereka masih duduk di bangku sekolah dasar kelas 2. Ketika akan mengajarkan perkalian ini para ibu harus mengajarkannya secara bertahap.

Perkalian sendiri merupakan dasar dari salah satu mata pelajaran yaitu matematika yang harus dikuasai oleh anak-anak sejak duduk di bangku SD. Setelah sanga anak sudah bisa untuk menghafal perkalian, nantinya dia akan bisa dengan mudah untuk mempelajari sebuah rumus matematika yang lainnya.

Agar materi dari pembelajaran ini dapat diingat dengan baik oleh anak, kalian para ibu harus bisa menyediakan waktunya secara rutin untuk berlatih dan juga mengulang. Selain itu, para ibu juga bisa untuk menggunakan sebuah media yang cukup menarik, seperti misalnya menggunakan poster bergambar yang kalian tempelkan pada dinding kamar sang anak.

Dalam buku Perkalian Itu Asyik dan Menyenangkan, Soesilowati mengatakan bahwasanya perkalian merupakan bentuk lainnya dari penjumlahan yang berulang. Lewat perkalian, nantinya anak-anak akan bisa dengan mudah dan juga cepat dalam menghitung penjumlahan yang berulang. Soesilowati juga menambahkan “Jika kita bisa mengusai sebuah penjumlahan, maka kita akan dengan sangat mudah untuk menghitung penjumlahan. Jika kita bisa mengusai perkalian, maka kita juga akan bisa lebih cepat untuk menghitung penjumlahan yang berulang dengan menggunakan perkalian.”

Untuk anak-anak kalian yang baru saja belajar tentang perkalian, kalian sebagai para ibu perlu untuk menekankan sebuah konsep dasar bahwasanya yang sama itu hanya hasil dari perkaliannya saja. Selain itu, gambar ataupun pengertian dari perkalian itu masih tetap berbeda. Contohnya saja, hasil dari perkalian 3 x 2 sama saja dengan 1 x 3 = 3 tetapi yang berbeda di sini yaitu pengertiannya saja.

Perkalian 1 10 merupakan perhitungan dasar dari matematika yang bisa kalian ajarkan kepada anak-anak. Jika si kecil sudah mulai paham dengan sebuah konsepnya, maka nantinya anak-anak akan bisa dengan mudah untuk menghitung sebuah perkalian bahkan yang rumit sekalipun. Ada banyak sekali cara ataupun tips untuk mengajarkan anak kalian menghafal perkalian 1 sampai dengan 10, melansir dari berbagai sumber di bawah ini merupakan tips untuk anak-anak agar bisa menghafal perkalian.

Mulai Menghafal dari yang Paling Mudah

Mengajarkan anak-anak perkalian 1 sampai dengan 10 itu bisa kalian mulai dari yang paling mudah terlebih dahulu, contohnya dari perkalian 1. Perkalian bilangan 1 sendiri merupakan sebuah perkalian yang paling mudah, bilangan berapa pun itu jika dikalikan dengan angka 1 maka nantinya hasil dari perkalian tersebut pasti akan tetap sama dengan bilangan itu sendiri.

Misalnya:

1 x 9 = 9

1 x 1 = 1

7 x 1 = 7

Menghafal melalui Tabel Perkalian

Lewat sebuah tabel, nantinya anak-anak akan bisa dengan mudah untuk menghafal sebuah perkalian 1 sampai dengan 10. Biasanya tabel perkalian sendiri digunakan sebagai dasar untuk perhitungan, kalian para ibu bisa membuat sebuah tabel perkalian dengan anak ataupun membeli sebuah poster tabel perkalian. Untuk kalian para ibu yang anaknya masih kecil, poster bisa kalian buat menjadi lebih menarik lagi contohnya saja sebuah poster tabel perkalian yang berisikan gambar dari karakter favorit anak-anak. Nantinya poster tabel perkalian ini bisa kalian tempelkan pada dinding kamar sang anak ataupun di dekat meja belajarnya.

Related Post :