Anti Gagal! Resep Ayam dan Daging Empuk Paling Enak

  • 2 min read
  • Aug 07, 2020
Resep Ayam

Resep ayam enak sangat banyak dicari oleh masyarakat terutama para ibu. Bagaimana tidak, ayam menjadi pilihan makanan favorit yang banyak digemari oleh masyarakat berbagai kalangan dan usia. Terlebih, daging ayam cenderung lebih mudah didapatkan dan juga mudah dalam cara pengolahannya. Di Reseppedia, Anda bisa mendapatkan ragam resep masakan enak, tentunya cara pengolahan pun sangat mudah dan anti ribet.

Reseppedia merupakan situs online yang menyediakan kumpulan resep masakan nusantara hingga mancanegara. Banyak variasi resep yang bisa Anda temukan dengan mudah, tentunya dengan cara masak yang asik dan praktis dalam pengaplikasiannya. Dengan kemudahan aksesnya yang bisa diakses melalui perangkat digital, menjadikan proses masak jadi lebih fleksibel.

Resep Ayam Pilihan

Resep Ayam

Bagi Anda pecinta ayam, pastinya resep olahan ayam akan jadi favorit pencarian. Di Reseppedia, banyak sekali pilihan resep ayam yang bisa dipilih. Beberapanya seperti resep memasak ayam betutu khas Gilimanuk, ayam paniki Khas Ternate, opor ayam khas Yogyakarta, ayam bakar kalasan, kare ayam, dan resep lainnya.

Salah satu resep praktis yang bisa Anda coba adalah resep untuk membuat ayam bakar kalasan. Untuk bahan yang perlu disediakan pun tidak terlalu banyak. Anda hanya perlu menyediakan bahan-bahan seperti berikut:

  1. 1 ekor ayam (lebih baik gunakan ayam kampung)
  2. 3 sdm gula merah yang sudah diiris
  3. Lengkuas yang sudah dimemarkan ukuran 3 cm
  4. Daun salam 3 lembar
  5. Serai yang dimemarkan 2 batang
  6. Air kelapa 250 ml dan santan 550 ml
  7. Siapkan bumbu halus: bawang putih 6 siung, bawang merah 10 butir, kemiri 4 butir, ketumbar 1 sdm, jintan ½ sdt, garam 1 sdm atau secukupnya
  8. Buat sambal limau: Cabai keriting merah 8 buah, air jeruk limau (2 buah), cabai rawit 6 buah, terasi bakar ½ sdt, gula merah iiris ½ sdt, garam secukupnya

Jika Anda sudah menyiapkan beberapa bahan tersebut, langsung saja eksekusi untuk memasaknya. Caranya pun sangat praktis, Anda bisa mulai dengan membelah ayam dan membersihkannya. Diamkan ayam sambil masak bumbu halus ditambah serai, daun salam, lengkuas, santan dan air kelapa. Jika sudah mendidih, masukan ayam dan tambahkan gula merah. Masak sampai matang dan bumbunya meresap.

Setelah itu, Anda sudah bisa langsung membakar ayam yang sudah dimasak tadi. Bakar sampai ayam berubah warna jadi kecoklatan. Jangan lupa, untuk membuat sambal limau dengan cara menghaluskan semua bahan sambal, lalu aduk sambal tersebut dengan tambahan jeruk limau. Anda bisa menyajikan sambal di atas ayam bakar, atau menyajikannya secara terpisah. Nah, itulah resep ayam bakar kalasan yang sangat praktis dan mudah.

Rekomendasi Resep Lainnya

resep daging

Tak hanya sajian resep untuk daging ayam saja, di Reseppedia pun Anda bisa menemukan banyak sekali resep-resep lain. Aneka resep lain yang bisa Anda pilih beberapanya adalah aneka resep sayuran seperti sayur bayam sederhana, sayur ikan gabus, sayur asem khas Betawi, tumis bunga pepaya, sayur jantung pisang, resep capcay, sayur labu kuning dan sebagainya.

Anda juga bisa mendapatkan resep daging baik sapi maupun kambing dengan cara praktis dan sederhana. Begitupun dengan resep masakan untuk aneka sarapan yang praktis, aneka kue baik kering maupun kue basah, hingga berbagai macam resep sambal yang menggoyang lidah. Tentunya semua resep pun sudah dilengkapi dengan informasi bahan-bahan yang diperlukan beserta cara memasaknya yang mudah diaplikasikan seperti resep ayam tadi.

Di Reseppedia, Anda bisa menjadi koki andal bagi anak atau keluarga dengan resep-resep menarik di setiap harinya. Jangan takut gagal dalam memasak, sebab prosesnya sudah tergambar dengan jelas dan mudah. Sangat menarik dan membantu sekali, bukan?